Peraturan Menteri no. 22 tahun 2006 tentang Sstansar Isi (SI), memuat:
1. Agama dan Ahlak Mulia
a.membentuk siswa menjadi manusia beriman dan takwa dan berahlak mulia
b.Mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama
2.Kewargane-garaan dan Kepribadian
a.penigkatan kesadaran dan wa-wasan siswa akan status, hak dankewajibannya dalam kehidupan-nya
MENGAPA DAN ADA APA DENGAN AKTIVITAS RITMIK?…..
Dalam sesi diklat selama lebih dari 2 tahun yanga diadakan lembaga Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan jasmani dan BK, dan selama itu kebetulan saya mengampuh mata diklat aktivitas ritmik, pada setiap sesi sebelum pembelajaran aktivitas ritmik (senam aerobik) saya selalu mendapatkan informasi secara lisan dari peserta diklat bahwa guru-guru penjasorkes sebagian besar belum membelajarkan senam aerobik di sekolah, hanya satu dua guru saja yang telah membelajarkan senam aerobik yang ternyata setelah dalam proses diklat diketahui bahwa satu dua guru penjasorkes yang telah membelajarkan aktivitas ritmik senam aerobik tersebut mempunyai kemampuan yang minim
Kalau dibandingkan dengan jenis aktivitas lain yang ada dalam penjasorkes aktivitas senam aerobik merupakan jenis aktivitas yang boleh dibilang sangat baru. saat saya kuliah di UNJ, pada tahun 1994 saya mengambil mata kuliah aktivitas Senam Irama standar kompetensi yang ditetapkan dalam pembelajaran saat itu adalah mahasiswa hanya dituntut untuk menguasai geraka senam paket yang ada (SKJ 92) jangankan mengerti akan prinsip dan konsep tentang mengajar senam aerobik gerakan-gerakan dasar seperti gerakan kaki ( v-step, double step, grapevine, knee up, heel touch, jumping jack , dll), gerakan tangan (Bicep curl, tricep back kick, pumping, dll) tidak di ajarkan sehingga pada saat itu gerakan dasar tidak kami kuasai seperti layaknya pada bola voli ada geraka passing, set up, smesh dll,…. pada sepak bola ada passing, stoping, kicking, heading dll…….
saya pernah mendapatkan pengalaman yang menarik sebanyak 3 kali pada setiap akhir tahun guru penjas menugaskan anak didiknya untuk membuat rangkaian gerakan senam aerobik sesuai dengan sistematika mengajar senam aerobik yang benar. kebetulan siswa yang ditugaskan secara kelompok tersebut meminta bantuan saya untuk menyelesaikan tugas tersebut, pada tiga peristiwa tersebut saya selalu mengajukan pertanyaan, apakah kalian diajarkan oleh guru kalian tentang aktivitas senam aerobik di sekolah??…. mereka menjawab tidak!!! mari kita dan silahkan kita renungkan kejadian berdasarkan cerita diatas….
Ruang lingkup aktivitas ritmik yang ada dalam pembelajaran penjasorkes ada 3, yaitu:
1.SKJ, SPI
2.Senam Aerobik
3.Aktivitas lainya
kalau kita lihat lingkup diatas maka kita dapat menganalisa bahwa core atau inti dari aktivitas ritmik adalah Senam Aerobi, kenapa demikain?….. SKJ, SPI dan jenis senam paket yang sudah ditentukan urutan gerakanya adalah salah satu bentuk senam aerobik juga, dimana konsep penyusunan SKJ, SPI dan jenis senam paket lainya sesuai dengan konsep pembuatan senam aerobik, satu hal lagi yang membuat smakin beratnya tugas guru penjasorkes adalah makin banyaknya senam-senam paket yang ada, artinya guru penjasorkes terbebani untuk menghapal gerakan-gerakan yang baku,,, atau bahkan hal ini ( dengan senam baku) guru akan merasa terbantu ?…..
Katakanlah bahwa guru penjasorkes yang lulus diatas tahun 2000 mampu menguasai konsep dasar pembelajaran senam aerobik (saya lulus tahun 1998) dengan kondisi mengerti tentang senam aerobik karena memang saya banyak mengahabiskan waktu bekajar senam aerobik diluar jam kuliah), bagaimana dengan kondisi teman-teman guru penjasorkes yang lulus sebelum tahun 2000?….apakah mereka pernah mendapatkan pelatihan senam aerobik secara kusus?…
yang jelas untuk mengejawantahkan amanat kurikulum guru penjasorkes sebagai pelaksana dilapangan berkewajiban untuk mampu membelajarkan senam aerobik di sekolah,…. tentunya kendala tidak terlaksananya pembelajaran senam aerobik di sekolah tidak hanya kerena kemampuan guru, banyak hal yang menjadi kendala tidak terlaksananya pembelajaran senam aerobik seperti peralatan, sarana dan tidak adanya sumber tertulis tentang senam aerobik…..
hayo teman-teman guru penjas terus berjuang untuk negeri tercinta!!!!
Silahkan berbagi dengan tulis komentar tentang kondisi senam aerobik disekolah, terimakasih…
Salam kenal Sis
BalasHapusmengenai pelajaran penjaskes di sekolah, bagaimna upaya guru agar bisa mudah memberi bimbingan kepada siswanya tentang gerakan-gerakan senam aerobik atau senam lainnya?
dan klo ada informasi tentang tren model baju senam wanita dengan merk terbaru yang paling booming saat ini mhon infonya ya? trims :)
salam kenal sis,
BalasHapusApa aja sih manfaat senam aerobic?
dan apa senam aerobic dan SKJ itu beda?
dan klo boleh tau dimana ya toko baju senam murah di daerah batam ?
Trims :)